Dextromethorphan untuk Flu & Batuk

Dextromethorphan untuk Flu & BatukFlu & batuk yang disebabkan infeksi bakteri bisa diatasi dengan Dextromethorphan. Flu & batuk ringan mungkin bisa sembuh dengan cepat, bahkan dengan obat yang dijual bebas di apotek. Tapi untuk flu & batuk yang tak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu, obat ini solusinya.

Fungsi Dextromethorphan untuk Pengobatan

Obat ini digunakan untuk meredakan batuk akibat flu, pilek, atau kondisi lain. Selain meredakan batuk, obat ini juga mempercepat proses penyembuhan. Sayangnya, obat ini tak bisa mengobati penyebab batuk tersebut. Obat ini juga bisa mengobati batuk karena infeksi saluran udara.

Obat-obatan ini tidak untuk bayi & anak dibawah usia 4 tahun karena efeknya sangat serius, bahkan sampai menghilangkan nyawa. Jadi, obat ini hanya untuk orang dewasa, bukan si kecil.

Bagaimana Cara Penggunaannya?

Obat oral ini bisa digunakan tiap 4-12 jam, tergantung kondisi & petunjuk dokter. Jika punya gangguan pencernaan, obat ini bisa dikonsumsi sehabis makan/minum susu. Untuk Dextromethorphan sirup, penggunaannya sesuai wadah takar yang tersedia pada kemasan. Jika kondisi tak kunjung membaik atau justru tambah parah, segera periksa ke dokter.

Cara Menyimpan Dextromethorphan

Seperti obat lainnya, obat yang satu ini sebaiknya disimpan di ruangan yang tidak lembab dan tidak terkena paparan matahari. Obat ini tidak boleh dibekukan dan jauhkan dari jangkauan anak kecil.

Dosis Konsumsi

Tersedia dalam beragam bentuk, takarannya pun berbeda-beda. Untuk orang dewasa, dosisnya sebagai berikut:

  • Kapsul, sirup, tablet, cairan

Konsumsi 10-30 mg tiap 4-8 jam.

  • Permen

Konsumsi tiga permen sebanyak 10 mg tiap 6-8 jam.

  • Kepingan yang bisa hancur

Konsumsi 15-30 mg tiap 6-8 jam.

Dosis maksimalnya adalah 120 mg perhari. Menggandakan dosis bisa mengakibatkan efek samping berbahaya.

Apakah Aman untuk Ibu Hamil & Menyusui?

Dextromethorphan boleh digunakan oleh ibu hamil & menyusui kalau manfaatnya lebih besar dibanding resikonya. Karena belum pasti apakah kandungan obat ini terserap ke dalam ASI atau tidak, sebaiknya ibu menyusui tidak mengkonsumsinya.

Efek Samping Dextromethorphan

Jika digunakan sembarangan, beberapa efek samping bisa terjadi seperti depresi pernapasan, gangguan pernapasan, kebingungan, insomnia, gembira berlebihan, gugup, kejang-kejang, mengantuk, pusing, muntah, mual, gangguan pencernaan, diare, dan sakit perut.

Jika setelah penggunaan muncul sejumlah efek samping seperti di atas, segera kunjungi IGD terdekat agar mendapat perawatan yang tepat. Kalau efek samping dibiarkan terus, kompilasi serius bisa terjadi dan bisa berujung membahayakan nyawa.

Obat ini memang punya manfaat luar biasa. Tapi jika tidak dikonsumsi dengan tepat, justru bisa membahayakan kesehatan. Jika kalian ingin membelinya, sebaiknya tanyakan langsung ke dokter ataupun apoteker terdekat agar tidak mendapatkan produk palsu. Obat-obatan ini juga kerap direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi flu & batuk yang serius.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.