Jenis Jenis Permainan Tradisional yang Perlu Kalian Coba

Jenis Jenis Permainan Tradisional yang Perlu Kalian Coba

Di masa pandemic ini, anak pasti lebih sering menghabiskan waktunya di rumah. Tentu saja, hal ini bisa membuat si kecil bosan. Tak perlu cemas, kalian para orangtua bisa mencarikan aktifitas yang seru yang bisa dilakukan di rumah. Kalian bisa mulai dari jenis jenis permainan tradisional yang saat ini sudah banyak ditinggalkan. Jika dilakukan Bersama keluarga, tentu saja ini bisa membuat akan-anak betah dan merasa senang di rumah.

Dengan memainkan beberapa permainan tradisional Bersama anak, selain seru hal ini juga kaya makna & imajinasi. Salah satunya adalah membantu mengembangkan berbagai macam aspek perkembangan anak seperti perkembangan emosional, sosial, kognitif, dan tentu saja motoric.

Beberapa permainan tradisional dapat dimainkan baik di dalam rumah ataupun di halaman rumah. Yang pasti, permainan-permainan ini bukan hanya menyenangkan tapi juga tidak memerlukan banyak peralatan. Daripada penasaran, langsung saja simak berikut ini:

  1. Congklak

Permainan ini cocok dimainkan di rumah. Umumnya, permainan ini lebih banyak disukai anak-anak perempuan. Yang perlu dipersiapkan hanyalah papan congklak & biji-bijinya. Untuk memainkannya, hanya butuh dua orang. Yang pasti, permainan ini membantu mengembangkan kemampuan kognitif si kecil.

  1. Lompat Tali

Dari jenis jenis permainan tradisional yang ada, lompat tali adalah salah satu yang paling seru, khususnya jika dimainkan beramai-ramai. Namun, 2 orang saja sudah cukup untuk memainkan permainan ini. Untuk mensiasati jumlah pemain, tali bisa diikatkan di pagar atau perabot rumah lain. Selain mendorong si kecil bergerak aktif, permainan ini juga membantu mengembangkan motoric kasar pada anak.

  1. Engklek

Untuk bermain engklek tidak harus pergi ke lapangan atau halaman yang luas. Di teras atau garasi juga bisa. Cukup buat kotak-kota dengan kapur yang gampang dibersihkan. Bisa juga dengan lakban yang bisa dilepas lagi sesudah bermain. Bermain engklek tak hanya membuat anak aktif bergerak tapi juga melatih keseimbangan & koordinasi anak.

  1. Kelereng

Bermain kelereng juga bisa menjadi alternatif permainan tradisional lain yang bisa dilakukan di teras atau halaman rumah. Selain mudah dimainkan, bermain kelereng juga melatih kognitif serta motoric anak. Akan lebih seru lagi jika orangtua juga ikut bermain Bersama dengan anak-anak.

  1. Bola Bekel

Ada satu lagi permainan tradisional untuk mengisi aktifitas di rumah. Ya, bola bekel bisa dimainkan oleh siapapun, bahkan satu orang saja. Bermain bola bekel bisa melatih koordinasi tangan dan mata anak, kognitif, dan juga motoric anak.

Itulah jenis jenis permainan tradisional yang sangat menarik dan seru untuk dimainkan. Kalian para orangtua dapat mengajak si kecil. Misalnya, dengan kulit jeruk Bali kalian bisa mengajari si kecil untuk membuat mobil-mobilan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.